Pontianak, (fusha.iainptk.ac.id) – Pada hari Rabu, 1 Oktober 2025, mahasiswa yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL) kembali mengikuti kegiatan bimbingan tahap ketiga bersama dosen pembimbing. Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja pembimbing dengan suasana serius namun tetap penuh semangat. Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa mendapatkan arahan mendetail terkait penyusunan artikel jurnal yang menjadi salah satu output penting dari kegiatan PKL. Dosen pembimbing menyarankan untuk mencari topik yang sesuai dan sejalan dengan Psikologi. Mahasiswa diarahkan agar mampu menyesuaikan format penulisan dengan kaidah ilmiah yang berlaku di jurnal akademik.
Selain membahas artikel jurnal, diskusi juga mengarah pada penyusunan laporan akhir PKL. Dosen memberikan masukan mengenai sistematika laporan yang harus ditampilkan. Mahasiswa diminta untuk tidak hanya menuliskan deskripsi kegiatan, tetapi juga menambahkan bukti dokumentasi untuk memperkuat pengalaman yang telah dijalani selama praktik. Bimbingan kali ini menjadi penting karena menandai tahap akhir dari rangkaian persiapan penyusunan karya tulis. Mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan draft artikel dan laporan akhir sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan. Dengan adanya arahan langsung dari pembimbing, mahasiswa merasa lebih percaya diri dalam menyusun karya ilmiah yang berkualitas.
Sebagai refleksi dari kegiatan bimbingan tahap ketiga ini, mahasiswa menyadari bahwa setiap masukan yang diberikan dosen pembimbing merupakan bekal penting dalam meningkatkan kualitas diri, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan menulis ilmiah. Bimbingan tersebut tidak hanya memfokuskan pada penyelesaian kewajiban akademik, tetapi juga menanamkan nilai kedisiplinan, ketelitian, dan tanggung jawab. Dengan demikian, pengalaman PKL bukan sekadar rutinitas magang, melainkan juga proses pembelajaran yang membentuk karakter akademik dan profesional mahasiswa sebagai calon sarjana psikologi yang kompeten.
Sebagai penutup, kegiatan bimbingan diakhiri dengan sesi foto bersama antara dosen pembimbing dan mahasiswa. Foto tersebut menjadi dokumentasi berharga yang merekam kebersamaan, keakraban, serta semangat akademik yang terjalin selama proses bimbingan. Selain sebagai kenangan, dokumentasi ini juga menjadi bukti nyata perjalanan mahasiswa dalam menjalani PKL hingga tahap akhir. Melalui momen foto bersama tersebut, diharapkan semakin mempererat hubungan baik antara mahasiswa dengan pembimbing serta menjadi motivasi untuk terus berkarya dan menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik.
Penulis : Nabila Nazwa A & Puspa Kusuma P
editor : acip doang
No responses yet